Thursday, May 3, 2012

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN EMBRIO SAMPAI DENGAN BULAN TERAKHIR MENJELANG PERSALINAN


TRIMESTER PERTAMA
Tahap embrio (berlangsung hari ke-15 sampai 8 minggu setelah konsepsi)
Minggu ke-1 sampai ke-3:    Sperma membuahi ovum kemudian hasil konsepsi membagi menjadi dua, empat, delapan dan akhirnya menjadi 32 yang disebut morula, seiring dengan pembelahannya, zigot bergerak di dalam tuba falopi menuju uterus dengan bantuan silia-silia tuba falopi. Setelah tahap morula, menjadi blastula(terbagi menjadi dua: trofoblas dan embrioblas), trofoblas akan berkembang menjadi sintotrofoblas dan sinsitiotrofoblas sedangkan embrioblas berkembang menjadi epiblas (yang akan menjadi rongga amnion) dan hipoblas (yang akan berkembang menjadi yolk sac). Blastosit akan mulai tertanam dalam endometrium hari ke-6 atau ke-7 dan tertanam sempurna hari ke-11 setelah konsepsi/fertilisasi. Setelah tertanam dalam endometrium blastosit berkembang menjadi grastula dimana bagian embrioblas berkembang menjadi tiga lapisan yaitu, ektoderm (akan membentuk epidermis kulit, jaringan saraf, lensa mata, organ-organ perasa(sensorik), email gigi, kalenjar hipofisa, medulla adrenal), mesoderm (akan membentuk otot, jaringan ikat, tulang, lapisan dermis, organ reproduksi dalam, ginjal, alat peredaran darah) dan endoderm (akan membentuk saluran pendengaran, pencernaan, pernapasan, organ reproduksi luar, hati dan pankreas)
Minggu ke-4/bulan ke-1:       dari embrio, bagian tubuh pertama muncul adalah tulang belakang, otak, dan saraf, jantung, sirkulasi darah dan percenaan terbentuk.
Minggu ke-8/bulan ke-2:      perkembangan embrio lebih cepat, tangan dan kaki terbentuk sempurna, jari-jari terpisah, ekor sudah mulai hilang seiring tumbuhnya tulang panjang,jantung mulai memompa darah.
Minggu ke-12/bulan ke-3:    embrio berubah menjadi janin, denyut jantung janin dapat dilihat dengan pemeriksaan Ultrasonografi (USG), berbentuk manusia dimana wajah sudah terbentuk, gerakan pertama dimulai, mengerutkan dahi, mengedipkan mata, membuka dan menutup mulut, jenis kelamin sudah bisa ditentukan, ginjal sudah memproduksi urine, berat janin ± 15-30 gram
Minggu ke-16/bulan ke-4:    system musculoskeletal matang, system saraf terkontrol, pembuluh darah berkembang cepat, denyut jantung janin terdengar lewat Doppler, pancreas memproduksi insulin.
TRIMESTER KEDUA DAN KETIGA
Minggu ke-20/bulan ke-5:    verniks melindungi tubuh, lanugo menutupi tubuh, janin membuat jadwal untuk tidur, menelan dan menendang, sudah terdapat mekonium di dalam usus, akhir minggu ini berat badan janin ± 340 gram dengan panjang ± 18-27 cm.
Minggu ke-24/bulan ke-6:    kerangka berkembang cepat, perkembangan pernapasan dimulai.
Minggu ke-28/bulan ke-7:    janin bernafas, mulai mempunyai periode tidur, dapat merespon suara, menelan dan mengatur suhu, surfaktan mulai terbentuk di paru-paru, mata mulai buka tutup, bentuk janin 2/3 bentuk saat lahir, berat janin ± 1 kg dengan panjang 35-38 cm.
Minggu ke-32/bulan ke-8:    lemak coklat berkembang di bawah kulit, mulai menyimpan zat besi, kalsium dan fosfor, berat janin ± 1,7 kg dengan panjang 35cm, testis sudah mulai turun ke skrotum pada janin laki-laki.
Minggu ke-36/bulan ke-9: sampai minggu ke-40
seluruh uterus digunakan janin sehingga tidak bisa bergerak banyak, antibody ibu ditransfer ke bayi untuk mencapai kekebalan untuk 6 bulan pertama sampai kekebalan bayi bekerja sendiri, berat badan janin mencapai 3-3,5 kg dengan panjang 50 cm.


sumber: Rukiyah, Ai Yeyeh.S.SiT,MKM.2009.Asuhan Kebidanan (Kehamilan).Jakarta: TIM
              www.google.co.id/perkembanganembrio

No comments:

Post a Comment